jump to navigation

Olahraga Adaptif March 27, 2010

Posted by berthae in kuliah, Sport Science.
Tags:
trackback

OLAHRAGA ADAPTIF

Olahraga Adaptif adalah Metode Olahraga yang disesuaikan dengan kapasistas fungsional tubuh seseorang. Tidak ada pemaksaan gerakan, intensitas dan frekuensi dalam melakukan olahraga ini. Olahraga ini cocok dilakukan oleh mereka yang memiliki kecenderungan menderita penyakit degeneratif/penuaan (hipertensi, hipercholesterol, asam urat, rheumathoid arthritis, pengapuran dan lain-lain. Hanya saja sebaiknya Olahraga Adaptif dilakukan secara teratur dalam kehidupan sehari-hari dan ditingkatkan kapasitasnya sesuai dengan kemampuan individu yang melakukannya.
Olahraga Rekreatif adalah Metode Olahraga yang berbasis Permainan dengan harapan pelaku akan merasa senang dalam melakukan aktivitas olahraga tersebut. Contoh Olahraga Adaptif: jalan santai, permainan bola, rekreasi di pantai, sepeda gembira, senam lansia di tempat rekreasi dan lain-lain.
Kedua Metode Olahraga ini tepat sekali untuk kaum pralansia hingga lansia.
Tujuan olahraga adaptif adalah untuk meningkatkan kapasitas fungsional tubuh seseorang, mempertahankan kekuatan otot dan memelihara kelenturan tubuh, hidup lebih sehat dan bersemangat serta vitalitas tubuh terjaga dengan baik
PENTINGNYA OLAHRAGA ADAPTIF
KEBIJAKAN KEGIATAN
Prioritas Direktorat Pendidikan Luar biasa
Program Uji Coba Pendidikan Inklusi
Pendidikan Inklusi adalah kebersamaan untuk memperoleh pelayanan pendidikan dalam satu kelompok secara utuh bagi seluruh anak berkebutuhan khusus usia sekolah, mulai dari jenjang TK, SD, SLTP sampai dengan SMU
•    Penanganan anak autisme
Penanganan secara dini bagi anak yang mengalami hambatan dalam berkomunikasi, bersosialisasi, sensorik, perilaku, dan emosi untuk mendapatkan pelayanan pendidikan yang sesuai dengan kebutuhannya.
Langkah-langkah tersebut dapat ditempuh dengan cara :
1.Menggali dan mengembangkan kemampuan-kemampuan tenaga ahli (dokter umum, dokter ahli, psikolog) melalui instansi terkait melalui seminar lokakarya layanan pendidikan untuk penyandang autisme.
2.Peningkatan SDM dengan memasukkan kurikulum mengenai pendidikan untuk penyandang autisme pada pendidikan guru dan guru luar biasa (terutama guru TK dan SD sebagai saringan pertama) terkait.
3.Menyusun satu model layanan pendidikan bagi anak autis.
4. Menyusun pedoman modul layanan pendidikan bagi anak autis.
5.Memotivasi yayasan penyelenggara pendidikan Autis dan penyelenggara
Tentang sistem Pendidikan Nasional yang terdapat pada pasal:
1.     Pasal 5 ayat 2 : Warga negara yang memiliki kelainan fisik, emosional, mental, intelektual dan sosial berhak memperoleh pendidikan khusus.
2. Pasal 11 ayat 1 : Pemerintah dan pemerintah daerah wajib memberikan layanan dan kemudahan, serta menjamin terselenggaranya pendidikan yang bermutu bagi setiap warga negara tanpa diskriminasi.
3. Pasal 12 ayat 1 butir b : Setiap peserta didik pada setiap satuan pendidikan berhak mendapatkan pelayanan pendidikan sesuai dengan bakat, minat dan kemampuannya.
4.     Pasal 32 ayat 1 : Pendidikan Khusus merupakan pendidikan bagi peserta didik yang memiliki tingkat kesulitan dalam mengikuti proses pembelajaran karena kelainan fisik, emosional, mental, sosial atau memiliki potensi kecerdasan dan bakat istimewa.
5.     Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 001/U/1986 tentang Sekolah Dasar Luar Biasa.
6.     Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 0126/U/1994 tentang Kurikulum Pendidikan Luar Biasa.
7.     Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 002/U/1986 tentang Pendidikan Terpadu bagi Anak Cacat.(UU RI No 20 Tahun 2003)

About these ads

Comments»

1. priyosport07 - March 28, 2010

artikelnya bgus, tp lbh bgus lg gambarnya di tampilkan yang sessuai dng isi artikelnya.key,,


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: