jump to navigation

Jenis Pukulan Pada Olahraga Tenis Meja June 2, 2010

Posted by berthae in kuliah.
Tags: , ,
trackback

Ada beberapa jenis pukulan (stroke) yang dikenal dalam olahraga tenis meja; tidak kurang pula berbagai bentuk pukulan yang hampir serupa na,un mempunyai nama yang berbeda-beda.
Pada garis besarnya, jenis-jenis pukulan itu antara lain :
1.    Drive
2.    Push
3.    Blok
4.    Smash
5.    Hit
6.    Servis
7.    Servis return
8.    Hal volley
9.    Side slip shot
10.    Loop
11.    Flick
12.    Drop shot
13.    Short cut
14.    Long cut
15.    Lobbing
Smash adalah pukulan yg besifat menghancurkan bola datang. Cara menghancurkan yg paling Optimal terjadi ketika raket dalam posisi datar vertikal dgn gerakan lintasan pukulan yang juga datar, tapi keduanya akan relatif thd properti bola datang yang akan dihancurkan itu. Tak peduli posisi pemain berada di atas dalam meja, di ujung, menengah, bahkan jauh meja.
16.    Counter smash = membalas melawan langsung dgn pukulan smash thd bola hasil smash dari lawan.
17.    Smash spin = idealnya tadi smash harus dgn lintasan datar dan posisi raket yg vertikal. Karena properti bola datang yg beragam (backspin, tospin, sidespin, curlspin, nospin,,,) maka lintasan_raket utk smash memerlukan penyesuaian. Smash spin biasa diperlukan thd bola datang yg rendah spin bahkan nospin, juga full spin. Smash=mematahkan kelajuan bola, spin = membuat atau menghentikan putaran. Jadi SS = mematahkan menghancurkan bola dgn menghasilkan spin sbg efeknya, dan ciri2nya raket berbunyi kayu krn benturan ditambah bunyi padatnya karet.
18.    Smash yg terarah = Kalau lawan sdg siap memblok di dekat meja, atau lawan sdng asik bermain lob maka smash jadi makanan enak buat mereka. Terarah aritnya bola diarahkan ke spot atau properti dimana lawan akan gagal mengebalikannya. Spt lawan mampu memblok smash yg jatuh di endline, coba arahkan bola jatuh di tengah meja bahkan dekat dekat, jika bloker itu gagal maka ini namanya smash yg terarah.
19.    Smash kejutan = mungkin artinya adalah melakukan smash pada posisi bola sdng rising (naik dari pantulan), jika tipikal smash anda ketika bola onthetop atau onthefall, coba lakukan rely dgn interupsi irama yaitu smash saat on the rise, hasilnya pasti bagus.
20.    Chop = memotong gaya bola yg datang, artinya tjd benturan bola dgn kayu blade melewati rubber. Jika pantulan kedua bola lawan dibiarkan akan menghasilkan kurva sepanjang 2m, maka dgn chop dpt memukul/memotong gaya bola saat kurva sepanjang 1.75m.
21.    Topspin = Jika itu adalah bola datang, maka bola berputar dari jam 12-6 di lihat dari samping kiri.
22.    Spin = putaran pada bola. Bisa berupa top(atas), back(bawah), rightside(samping kanan), curl(keriting). Bila diterapkan pada pukulan (stroke) menghasilkan topspin sbg pukulan wajib dan pukulan tipikal looper.
23.    Drop shot = menghasilkan bola yg jatuh pelan dimeja lawan, biasanya dengan pukulan yg menyerap (menghilangkan) gaya bola datang shg menjdi nyaris NOL. DS biasa digunakan, ketika melawan seorang chopper/longcut, atau lobber yg sedang asik bermain jauh meja, tiba2 bola di dropshot di depan net.

About these ads

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: