jump to navigation

Kinesiologi March 27, 2010

Posted by berthae in kuliah.
Tags:
trackback

Pengertian Kinesiologi
Kinesiologi adalah ilmu yang mempelajari keadaan fisik dan mental manusia. Banyak ahli telah berjasa dalam bidang ilmu yang satu ini, antara lain Dr. H.O Kendall, Dr George Goodheart, Dr. John Diamond, Dr. David R. Hawkins, dan lain-lain.
Dari kinesiologi kita tahu bahwa ketika kita berbohong, atau menghadapi kebohongan, bahkan ketika kita berada dalam suatu lingkungan di mana kebohongan sedang terjadi atau di mana kebohongan dibenarkan, otot-otot kita melemah. Khususnya otot-otot lengan dapat dideteksi secara mudah dengan cara tertentu. Otot-otot yang melemah ini kemudian membuat seluruh badan kita melemah. Pun jiwa kita ikut melemah karena ia tidak dapat berfungsi, sebagaimana semestinya; bahkan mengekspresikan diri pun tidak mampu. (www.bidankita.com on Wednesday, October 14th, 2009)
Kinesiologi adalah ilmu yang mempelajari tubuh manusia ketika bergerak.
( http://leecan02.wordpress.com/ on Desember 19, 2009)
Kinesiology adalah ilmu yang mempelajari gerak atau the science human movement yang diaplikasikan dan menjelaskan tentang gerak tubuh manusia kemudian ilmu ini dapat diaplikasikan terhadap prinsip-prinsip mekanik dalam gerak manusia yang disebut biomekanika atau biomekanik kinesiology sedangkan aplikasi anatomi dalam gerak manusia disebut anatomi kinesiology. (http://sasino.info/2009/12/kinesiologi-olahraga/ on December 6, 2009)

Kinesiologi adalah ilmu yang mempelajari tubuh manusia pada waktu melakukan gerakan. Beberapa ilmu yang terlibat dalam kinesiology adalah anatomi, fisiologi neuromuscular dan biomekanika. (Mekanisme Gerak Sistem Muskuloskeletal, Sasanthy Kusumaningtyas.Departemen Anantomi FKUI)

Tujuan Kinesiologi

Tujuan Kinesiologi adalah efektif, efisien, dan terhindar dari cidera dalam bergerak. ( http://leecan02.wordpress.com/ on Desember 19, 2009)

Tujuan
Menumbuhkan dan mengembangkan pemahaman kognitif tentang bagaimana dan mengapa suatu keterampilan gerak berlangsung demikian.
(http://sasino.info/2009/12/kinesiologi-olahraga/ on December 6, 2009)
Kinesiologists bekerja dengan individu-individu dengan kondisi nonaktifkan untuk membantu mereka mendapatkan kembali fungsi fisik yang optimal. Mereka bekerja dengan individu-individu di rumah mereka, fasilitas kebugaran, klinik rehabilitasi, dan di tempat kerja. Mereka juga bekerja sama dengan fisioterapi. (Kinesiology  Dari Wikipedia, ensiklopedia bebas)
Ruang Lingkup
Berdasarkan pola pertumbuhan perkembangan anak serta berbagai karakteristik :
1. Kemampuan pengelolaan tubuh
2. Keterampilan-keterampilan dasar
3. Keterampilan-keterampilan khusus yang terspesialisasi
(http://sasino.info/2009/12/kinesiologi-olahraga/ on December 6, 2009)

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: