jump to navigation

Komponen Kesegaran Jasmani June 3, 2010

Posted by berthae in kuliah.
Tags: , ,
trackback

Menurut Pusat Pengembangan Kualitas Jasmani Tahun 2003, menjelaskan unsur-unsur Kesegaran Jasmani atau kondisi fisik ada sepuluh komponen, yaitu :
1. Daya Tahan (Endurance)
Dikenal dua daya tahan, yaitu :
1) Daya Tahan Umum (General endurance), adalah kemampuan seseorang dalam mempergunakan sistem jantung, paru-paru dan sistem peredaran darahnya secara efektif dan efisiensi untuk menjalankan kerja otot dengan intensitas tinggi dalam waktu yang cukup lama.
2. Daya Otot (Muscle Strenght)
Muscular Power, Kemampuan seseorang dalam mempergunakan kekuatan maksimum yang dikerahkan dalam waktu sepemdek-pendeknya.Kekuatan Otot adalah komponen kondisi fisik seseorang tentang kemampuannya kontraksi maksimal yang dihasilkan oleh otot atau sekelompok otot. (Dangsina Moeloek, 1984: 5).
3. Reaksi
Reaction, Kemampuan seseorang untuk segera bertindak secepatnya.Reaksi adalah waktu tersingkat yang dibutuhkan untuk memberi jawaban kinetis setelah menerima suatu rancangan. Hal ini berhubungan serta dengan waktu refleks, waktu gerakan, dan waktu respon. (Dangsina Moeloek,1984: 10).
4. Kecepatan (Speed)
Adalah kemampuan seseorang untuk mengerjakan gerakan berkesinambungan dalam bentuk yang sama dalam waktu yang sesingkat-singkatnya, seperti lari, pukulan tinju. Hal ini merupakan kecepatan gerak dan explosive (M. Sajoto,1988 : 17)
5. Daya Lentur (Flexibility)
Kelenturan menyatakan kemungkinan gerak maksimal yang dapat dilakukan oleh suatu persendian jadi meliputi hubungan antara bentuk persendian (tulang yang berbentuk sendi), otot, tendo, ligamen, dan sekeliling persendian. (Dangsina Moeloek, 1984: 9).
6. kekuatan
strength, kemampuan dalam mempergunakan otot untuk menerima beban sewaktu bekerja
7. Koordinasi (Coordination)
Koordinasi menyatakan hubungan harmonis berbagai faktor yang terjadi pada suatu gerakan. Misalnya dalam olahraga tenis, seseorang pemain akan kelihatan mempunyai kordinasi yang baik, bila ia dapat bergerak kearah bola sambil mengayunkan raket, kemudian memukul dengan teknik yang benar. (Dangsina Moeloek, 1984: 11).

8. Keseimbangan (Balance)
Keseimbangan adalah kemampuan mempertahankan sikap tubuh yang tepat pada saatmelakukan gerakan. Bergantung pada kemampuan intregasi antara kerja indera penglihatan (kanalis semisirkularis) pada telinga dan reseptor pada otot.yang diperlukan tidak hanya pada olahraga tetapi dalam kehidupan sehari-hari. (Dangsina Moeloek, 1984:9)
9. ketepatan
ketepatan seseorang untuk mengendalikan gerak-gerak bebas dalam suatu sasaran. Sasaran ini dapat berupa suatu jarak atau mungkin suatu objek langsung yang harus dikenai dengan salah satu bagian anggota tubuh. (M. Sajoto, 1988 : 18).
10. kelincahan
Agility, kemampuan seseorang mengubah posisi area tertentu.

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: